JAMINAN MUTU DAN MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN
Latar Belakang
- UU Kesehatan no: 23 th 1992: menekankan pentingnya upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan
- Tujuan Pembangunan Kesehatan: mewujudkan Indonesia Sehat 2010, agar masyarakat mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata
Apa Itu Mutu?
- Kesesuaian dengan standart (Philip B. Crosby)
- Pemecahan masalah untuk mencapai kesempurnaan secara terus menerus (W. Edward Deming)
- Kesesuaian dengan harapan pelanggan (Joseph M. Juran)
- Kepuasan pelanggan (K. Ishikawa)
Mutu Pelayanan Kesehatan
- Tingkat kesempurnaan yankes yang memuaskan pelanggan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata pelanggan, serta diberikan sesuai standart dan etika profesi.
- Puskesmas Idaman merupakan upaya untuk memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat.
Cara Mengetahui Kepuasan Pelanggan
- Kotak saran
- Survey kepuasan pelaggan
Apa itu Standart Pelayanan Kesehatan
- Standart adalah tingkat pencapaian ideal yang diinginkan
- Input: 6M
- Proses: prosedure tetap
- Output: hasil
Apa Itu Etika Profesi
- Standart dari tindakan yang benar secara moral yang harus dilakukan, terdiri:
- Menghindari masyarakat dari bahaya atau ancaman kesehatan
- Menolong masyarakat
- Menghormati hak masyarakat
- Pemerataan dan keadilan
- Pemanfaatan
Pengertian Kode Etik
- Norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap profesi didalam melaksanakan tugas profesinya dan didalam hidupnya dimasyarakat
- Kode etik dibuat oleh organisasi profesi, dan dilaksanakan oleh anggota profesi
- Jika melanggar, ada sanksi dari organisasi profesi dan masyarakat
Pengertian Moral
- Nilai dan norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya
- Mengenai apa yang dianggap baik atau buruk di masyarakat dalam suatu kurun waktu tertentu sesuai perkembangan atau perubahan norma atau nilai
Prinsip Jaminan Mutu
- Bekerja dalam tim
- Fokus pada perubahan proses
- Orientasi kinerja pada pelanggan
- Pengambilan keputusan berdasarkan data
- Adanya komitmen pimpinan dan keterlibatan bawahan dalam perbaikan proses pelayanan
Bentuk Jaminan Mutu
- Prospektif: dilaksanakan sebelum yankes dilakukan: standarisasi, perizinan, sertifikasi, akreditasi
- Konkuren: dilaksanakan bersamaan dengan yankes dilakukan: penilaian teman sejawat terhadap kepatuhan protap
- Retrospektif: dilakukan setelah yankes diselenggarakan: telaah rekam medik, survei pelanggan
Apa Itu Manajemen Kesehatan
- Rangkaian/proses kegiatan yang bekerja secara sistematik untuk menghasilkan luaran kesehatan yang efektif dan efisien
- Manajemen Kesehatan meliputi: 3 Fungsi Manajemen yaitu:
- Perencanaan (P1)
- Pelaksanaan dan pengendalian (P2)
- Pengawasan dan Pertanggung Jawaban (P3)
Perencanaan (P1)
- Rencana usulan kegiatan
- Upaya Kesehatan Puskesmas Wajib
- Upaya Kesehatan Puskesmas Pengembangan
- Rencana pelaksanaan kegiatan
- Upaya Kesehatan Puskesmas Wajib
- Upaya Kesehatan Puskesmas Pengembangan
Pelaksanaan dan Pengendalian (P2)
1. Pengorganisasian
- Penentuan penanggung jawab dan pelaksana kegiatan persatuan wilayah kerja
- Membagi habis pekerjaan
- Penggalangan kerjasama tim dg lintas sektoral
2. Penyelenggaraan: memperhatikan :
- Azas penyelenggaraan puskesmas
- Standar dan Pedoman pelayanan
- Menyelenggarakan kendali mutu dan kendali biaya
3. Pemantauan
- kinerja (cakupan, mutu, biaya)
- masalah dan hambatan
- menggunakan data dari SIMPUS
4. Penilaian – sumber data utama SIMPUS
- Pengawasan dan Pertanggungjawaban (P3)
- Internal: oleh atasan langsung
- Eksternal: masyarakat, Dinas kesehatan, Lintas sektoral
Pertanggungjawaban
- laporan berkala ke Dinkes, masyarakat (Badan Penyantun)
- laporan pertanggung jawaban masa jabatan
No comments:
Post a Comment