Dr. Suparyanto, M.Kes
PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi
Manajer: orang yang yang melakukan kegiatan manajemen atau kegiatan proses manajemen
Organisasi: sekelompok orang yang bekerjasama dengan terkoordinasi, dengan cara yang terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu
Seni memperoleh suatu hasil melalui orang lain (Lawrence A. Appley dan Mary Parker Follet)
Manajemen adalah proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan yang dikehendaki (John D. Miller)
Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengkoordinasikan sejumlah aktivitas orang lain, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengaturan staf, pengarahan dan pengendalian (Harold Koontz dan Cyril O’Donnell)
Manajemen merupakan suatu proses yang khas, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan dengan memanfaatkan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya (G.R. Terry)
MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SENI
Ilmu manajemen merupakan ilmu yang bersifat obyektif dan sistematis yang berdasar fakta atau kebenaran universal
Seni berarti suatu hal dari pribadi yang inovatif dan kreatif dengan kemajuan ketrampilan
Manajer yang baik adalah seorang ilmuwan sekaligus seniman
FUNGSI MANAJEMEN
Seorang manajer hendaknya mampu melaksanakan fungsi manajemen sebagaimana mestinya agar dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien
Efektif: kemampuan mengerjakan sesuatu dengan benar (mencapai tujuan)
Efisien: kemampuan menggunakan sumberdaya dengan benar, tidak membuang-buang sumberdaya yang tidak perlu
Menurut Drucker: efisien berarti mengerjakan sesuatu dengan benar (doing things right), sedangkan efektif adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things)
Fungsi manajemen menurut:
G.R. Terry terdiri: Planning, Organizing, Actuating, Controling (POAC)
Henry Fayol terdiri: Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling (POCCC)
Luther Gulick terdiri: Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, Budgeting (POSDCORB)
Koontz O’Donnell terdiri: Planning, Organizing, staffing, Directing, Controlling (POSCD)
UNSUR MANAJEMEN
Unsur manajemen atau tool of management dikenal dengan 6M:
Men: tenaga yang dimanfaatkan
Money: anggaran yang dibutuhkan
Material: bahan atau material yg diperlukan
Machines: mesin atau alat yg diperlukan
Methode: cara yang dipergunakan
Market: pasar hasil produksi
HUBUNGAN FUNGSI DAN UNSUR MANAJEMEN
Seorang manajer dalam menjalankan fungsi dan unsur manajemen secara terpadu (integratif) dan menyeluruh (komprehensif)
Artinya manajer harus melaksanakan:
Perencanaan: Tenaga, Anggaran, bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran
Pengorganisasian: Tenaga, Anggaran, bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran
Penganggaran: Penggerakan: Tenaga, Anggaran, bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran
Penggerakan: Tenaga, Anggaran, bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran
Pengendalian: Tenaga, Anggaran, bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran
TINGKATAN MANAJEMEN
Manajemen Puncak (Top Management)
Tugas: menentukan tujuan, strategi dan kebijakan
Manajer: Direktur Umum, Presiden Direktur, COE (Chief Executive of ficer)
Manajemen Menengah (Middle level Management)
Tugas: melaksanakan tujuan, strategi dan kebijakan
Manajer: Manajer Pemasaran, Manajer keuangan
Manajemen Tingkat Bawah (Lower Level atau First Line)
Tugas: mengawasi dan mengkoordinasi kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawan
Manajer: Pengawas Produksi, Pengawas penjualan
KETRAMPILAN MANAJEMEN
Top manajer; 50% conceptual skill, 25% human skill, 25% technical skill
Middle manajer: 25% conceptual skill, 50% human skill, 25% technical skill
Low manajer: 25% conceptual skill, 25% human skill, 50% technical skill
PERANAN MANAJERIAL
1.Peranan Hubungan Manusia (Interpersonal Roles)
a.Peranan Figur Bapak (Figurehead)
b.Peranan Pimpinan (Leader)
c.Peranan Penghubung (Liaison)
2.Peranan Informasi (Informational Roles)
a.Monitor
b.Diseminasi (Deseminator)
c.Jurubicara (Spokesman)
3.Peranan Pengambil Keputusan (Decision Roles)
a.Kewirausahawan (Entrepreunership)
b.Penyelesai Gangguan (Disturbance hadler)
c.Pembagi Sumberdaya (Resource Allocator)
d.Perunding (Negotiator)
REFERENSI:
1. Gibson, 1996, Organisasi,Perilaku, Struktur, Proses, Jakarta, Binarupa Aksara
2. Thoha, 2003, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada
3. Koontz, 1996, Manajemen, Jakarta, Erlangga
4. Handoko, 1985, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Yogyakarta, Liberty
5. Hanafi, 1997, Manajemen, Yogyakarta, UPP AMP YKPN
6. Siagian, 2002, Manajemen Sumberdaya manusia, Jakarta, Bumi Aksara
7. Sutarto, 2002, Dasar-dasar Organisasi, Jogjakarta, Gadjah Mada University Press
.
No comments:
Post a Comment